justaboutsecret

BiNusian weblog

Ilustrasi, Halusinasi, dan Kontaminasi

May14

Setiap saat dalam hidup kita, kita dihadapkan pada suatu permasalahan. Permasalahan yang terkadang hadir secara abstrak, yang harus terlebih dahulu kita ilustrasikan agar mendapatkan gambarannya, ataupun memberikan gambaran kepada orang lain untuk dapat memahami masalah tersebut. Suatu ilustrasi datang dari pikiran kita untuk mendeskripsikan bentuk abstrak agar dapat lebih dekat di pandangan kita untuk selanjutnya lebih mudah dicerna dan dipecahkan. Namun, ilustrasi yang terbentuk terkadang bisa merubah apa yang sebenarnya terjadi. Untuk itu kita perlu membedakan antara ilustrasi, halusinasi, dan hasilnya adalah berupa kontaminasi terhadap desain awal ilustrasi.

Halusinasi merupakan gambaran mengenai suatu masalah yang terjadi, namun sebenarnya hal itu tidak secara nyata terjadi, hanya ada dalam pikiran dan imajinasi kita. Halusinasi ini seringkali mengganggu proses investigasi seseorang terhadap masalah yang tengah dihadapinya.  Namun, kita juga tak boleh lengah dengan menganggap segala sesuatu yang misterius itu hanyalah halusinasi kita, karena terkadang fakta-fakta tentang suatu masalah akan terbongkar sedikit demi sedikit, dan tak ayal juga sesuatu yang kita anggap halusinasi itu merupakan sebuah feeling yang benar yang datang untuk membantu kita memecahkan masalah yang ada.

Lantas, apa hubungannya kontaminasi dengan halusinasi dan ilustrasi?

Halusinasi yang sesungguhnya akan mengganggu ilustrasi kita terhadap sebuah masalah dan ini akan menyebabkan kontaminasi pada ilustrasi tersebut. Kontaminasi ini berakibat fatal, karena dengan kontaminasi negatif dari halusinasi, segala pemikiran dan tindakan yang akan diambil pun tidaklah tepat guna. Bisa saja karena halusinasi yang berlebihan, tanggapan terhadap suatu masalah menjadi berbeda dari kenyataan yang sesungguhnya dan mengakibatkan semakin kaburnya permasalahan yang sejak awalnya berbentuk abstrak. Jadi, kenalilah apakah tanggapan terhadap ilustrasi itu adalah halusinasi belaka, ataukah berdasarkan fakta-fakta yang ada, dan hindari kontaminasi dari halusinasi yang berkadar negatif. Sekian sharing ringan kali ini. Terima kasih.

posted under Column On My Heart
2 Comments to

“Ilustrasi, Halusinasi, dan Kontaminasi”

  1. On May 14th, 2009 at 8:19 pm Irine Marcella Says:

    blognya campur aduk
    jadi bingung

  2. On September 27th, 2009 at 12:54 am Rhio Ganteng Says:

    Aku ganteng. Maap cuma coba2. Hehe. 🙂

Email will not be published

Website example

Your Comment: